in Kegiatan

Manfaat Ospek atau MOS bagi mahasiswa baru

ospek

(UMBY Kampus Kebanggaanku) Halo gaes,kali ini saya akan membahas manfaat Ospek atau MOS (Masa Orientasi Siswa) bagi mahasiswa baru,pertama-tama  kita membahas apa sih ospek atau mos itu?nah menurut saya ospek atau mos itu adalah mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru .Apakah pengertian cuma itu saja?tentu tidak karena didalam ospek diadakan beberapa kegiatan yang wajib diikuti,nah disini kita bahas ospek yang positif loh ya  😀 ,kan ada ospek yang keras dan malah ada yang dulu mahasiswanya sampai meninggal gara-gara ospek.

     Pengalaman saya terdahulu saat mengikuti kegiatan ospek  seperti takut ,hal yang  pertamakali saya pikirkan adalah kenapa harus ada ospek otomatis mahasiswa yang baru masuk universitas mau tidak mau harus mengikuti kegiatan tersebut. Namun didalam kegiatan ospek tersebut,tidak semua kegiatan yang dilakukan menakutkan , Beberapa hal yang saya dapatkan waktu ospek di Universitas MercuBuana Yogyakarta kampus 2 adalah :

  1. Menambah teman
    Beberapa temen saya saat ospek itu memang bukan berasal dari fakultas yang sama dengan saya namun disitulah tujuan panitia mengacak mahasiswa ,untuk menambah teman dari fakultas lain ,dan saya sekarang mengenal beberapa mahasiswa dari fakultas lain .
  2. Menambah wawasan tentang kampus
    saat ospek ,dulu disuruh berkeliling kampus,harus mengetahui apa itu logo dari kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta serta Visi dan Misinya ,ditambah lagi harus menggambarkan denah dari kampus 2 Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
  3. Menambah Kreatifitas
    Hal yang dilakukan untuk menambah kreatifitas pada saat itu adalah disuruh membuat kerajinan dengan menggunakan pipet(sedotan),walaupun hasil dari kelompok saya kurang bagus namun disitu kita diajarkan berfikir dengan cepat untuk membuat karya dalam waktu cepat.
  4. Kerja sama kelompok
    Saat ospek diadakan outbond,dan beberapa kegiatan tersebut ada yang namanya pipa bolong,yaitu pipa yang beberapa sengaja dilobangi sera ditaruh bola kecil didalamnya,kerja sama kelompok kali ini adalah mengisi pipa tersebut dengan air sampai bola kecilnya keluar dari pipa namun lobangnya harus ditutup agar bola cepat keluar dan menang.
  5. Berani tampil didepan umum
    Puncak ospek dikampus 2 Universitas Mercu Buana Yogyakarta diadakan malam inagurasi ,dalam sesi acara tersebut semua kelompok diwajibkan maju ke atas panggung untuk menampilkan kreatifitas mereka,seperti akustik,drama ,komedi,dan lain-lain.

     Ospek memang terlihat menyeramkan bagi mahasiswa baru ,namun jika kita ikuti dengan hati ikhlas maka kegiatan tersebut bisa kita petik hikmahnya kok,bahkan kegiatan ospek ini penting untuk perguruan tinggi,ospek menjadi kegiatan awal yang bagus untuk mahasiswa baru,berkenalan dengan teman lain dari berbagai daerah di indonesia bahkan di luar indonesia pun ada yang mengikuti ospek.

     Jadi jangan sampai ada yang takut dengan ospek ya.Kampus Universitas Mercu Buana juga akan mengadakan Ospek untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2016, untuk info Ospek Universitas Mercu Buana Yogyakarta bisa di Klik Disini  .Semangat mengikuti Ospek dan cukup sekian ya postingan saya kali ini.Terimakasih

Share Artikel
Written By:

2 Comments